Masa kanak-kanak adalah masa pembentukan pondasi dan masa kepribadian, yang akan menentukan pengalaman anak selanjutnya. Kemampuan dasar yang dikembangkan di Raudhatul Athfal Al Khoiriyyah 02 meliputi kemampuan nilai moral agama, bahasa, fisik motorik, sosial emosional, seni dan kemampuan kognitif. Pada kemampuan kognitif anak diharapkan dapat mengenal konsep sains dan matematika sederhana. Berdasarkan hal tersebut guru harus bisa memberikan sebuah media belajar yang memiliki fungsi keduanya yaitu bermain dan belajar, yang tentu saja harus menarik bagi anak.
Dikarenakan dampak dari wabah Covid-19 ini pembelajaran masih akan terus dilakukan dari rumah masing -masing (study from home). Salah satu alternatif agar pembelajaran dalam jaringan secara online (Handarini, 2020). Di kelompok RA A Al Khoiriyyah 02 salah satu pembelajaran online dilakukan pembelajaran meronce dengan bahan sederhana dan mudah didapatkan yaitu bahan sedotan. Anak -anak meronce menggunakan tali dan sedotan dengan 3 pola warna, konsep pola ABC-ABC, seperti merah-putih-kuning atau dengan warna lain tetapi tetap dengan pola 3 warna. Adapun tujuan dari pembelajaran meronce dengan sedotan pola ABC untuk anak adalah:
1. Melatih konsentrasi anak
2. Mengasah ketelitian, ketekunan anak
3. Menstimulus perkembangan kognitif anak
4. Mengembangkan motorik halus anak
5. Menstimulus kemampuan memperkirakan pola atau warna berikutnya.
Dengan kegiatan meronce ini diharapkan tahap tumbuh kembang anak akan tetap dapat optimal di masa pandemi Covid-19 .
Ustdzah : Retno Budi Rahayu (RA Al Khoiriyyah 02)